cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
ISSN : 23028149     EISSN : 25409719     DOI : -
Sistemasi adalah nama terbitan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu sains komputer program studi Sistem Informasi Universitas Islam Indragiri, Tembilahan Riau. Jurnal Sistemasi Terbit 3x setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September,Focus dan Scope Umum dari Sistemasi yaitu Bidang Sistem Informasi, Teknologi Informasi,Computer Science,Rekayasa Perangkat Lunak,Teknik Informatika
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi" : 21 Documents clear
PENERAPAN HASIL RISET MELALUI APLIKASI ABDIMAS Rahmadini Darwas; Vivi Meldya Saputri
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.768 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.455

Abstract

Penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan seorang dosen. Keterlibatan dosen sebagai peneliti dan pengabdi masyarakat merupakan salah satu upaya dalam mencerdaskan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menfasilitasi peneliti khususnya dosen STMIK Indonesia Padang dalam menyebarluaskan hasil-hasil penelitian yang dapat digunakan masyarakat. Kurangnya informasi bagi dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat berdasarkan hasil penelitian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat menjadi kendala yang terjadi saat ini sehingga penelitian yang telah dilakukan belum dapat diimplementasikan secara optimal. Selain itu, masyarakat juga mengalami kendala dalam hal mendapatkan informasi terkait dengan hasil riset yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode berorientasi objek menggunakan alat bantu perancangan sistem Unified Modeling Language (UML). Penelitian ini meghasilkan aplikasi abdimas yang mampu menjembatani hasil-hasil riset peneliti dengan kebutuhan masyarakat.
PENERAPAN WAITING LINE METHOD DALAM MANAJEMEN OPERASIONAL PELAYANAN REKAM MEDIS BERDASARKAN NOMOR PENDAFTARAN PASIEN PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) Muntahanah Muntahanah; Yulia Darnita; Yulia Rahmi
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (955.918 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.554

Abstract

Proses rekam medis yang ada pada Puskesmas Perawatan Mangun Harjo Kota Madya Lubuk Linggau masih menggunakan pencatatan manual. Karena keterbatasan sumber daya manusia, puskesmas tersebut hanya memiliki satu staf di bagian registrasi dan satu dokter.Untuk mengetahui tingkatkesibukan di puskesmas tersebut, penulis menggunakan algoritma waiting line. Antrian (Waiting Line atau Quenue) adalah sebuah situasi yang umum.Waiting Line Method sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu.Antrian (Waiting Line atau Quenue) adalah sebuah situasi yang umum.Waiting Line Method sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu, kedatangan pelanggan kedalam suatu sistem dan waktu layanan untuk pelanggan tersebut tidak dapat diatur dan diketahui waktunya secara tepat, namun sebaliknya fasilitas operasional dapat diatur sehingga dapat mengurangi antrian. Hasil pengujian Jumlah Rata-Rata Kedatangan Pasien =16.67, Jumlah kedatangan pasien yang diharapkan menunggu dalam antrian (Waiting Line) sebanyak =1.62, Berdasarkan tingkat intensitas fasilitas pelayanan dokter adalah =61.67%, Jumlah rata-rata kedatangan pasien yang diharapkan dalam sistem sebanyak =3.33, Waktu yang diharapkan oleh setiap kedatangan pasien untuk masuk dalam antrian (Waiting Line) adalah =2.71 menit, Waktu yang diharapkan oleh setiap kedatangan pasien untuk menunggu dalam antrian (Waiting Line) adalah =0.16 menit dan Waktu yang diharapkan setiap kedatangan pasien selama dalam pelayanan adalah =0.12 menit, Algoritma ini memberikan minimum waiting time untuk kumpulan proses yang mengantri dan Mekanisme yang simple sehingga bisa melakukan proses lebih cepat.
OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI ROTI UD PRIMA SARI MENGGUNAKAN METODE LOGIKA FUZZY Loneli Costaner; Wenny Syafitri; Guntoro Guntoro
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1252.855 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.537

Abstract

Logika fuzzy merupakan salah satu metode yang dapat memebantu permasalah manusia, baik sekala kecil menengah maupun tingkat tinggi. Logika fuzzy termasuk bagian dari keilmuan kecerdasan buatan yang dapat mengolah data dengan mempresentasikan seperti otak manusia. Metode logika fuzzy sering digunakan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan optimasi maupun prediksi. Dalam pengolahan data dalam inferensi fuzzy dapat mengenali data data kegiatan yang sudah lama seabagai standar pengambilan keputusan yang akan datang, salah satunya untuk mengoptimasi jumlah produksi dari permintaan permintaan sebelumnya. Mengoptimasi jumlah produksi roti dapat memberikan perkiraan berapa jumlah produksi yang akan dihasilkan guna memenuhi permintaan. UD Prima Rasa salah satu Usaha Dadang perorangan dipekanbaru yang memproduksi roti setiap harinya guna memenuhi permintaan pelanggan, hal ini membuat produksi harus dikelola dengan baik agar tidak salah perkiraan dalam menghasilkan roti. Permintaan yang bisa naik dan juga bisa turun terkadang membuat UD Prima Rasa kewalahan dalam memenuhi proses produksi karena tidak mengetahui dengan pasti berapa yang seharusnya maksimal roti yang harus diproduksi agar tidak terjadi kekurangan yang mengakibatkan lambatnya pendistribusian terlambat dan kue tidak lama tersimpan digudang tempat penyimpanan. Metode penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya identifikasi masalah, menganalisa masalah, mengumpulkan data, memberikan inferensi sistem fuzzy, menguji dan mengevaluasi
KLASTERISASI NEGARA PENDAFTAR PATEN DI INDONESIA MENGGUNAKAN K-MEANS Deny Novianti; Nicodias Palasara
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.528 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.541

Abstract

Dengan semakin banyaknya paten yang mendaftar dari berbagai negara di Asia Tenggara, dapat diketahui negara manakah yang paling banyak mendaftarkan paten dari tahun 2016-2018. Berdasarkan data yang ada, tidak disebutkan negara mana sajakah yang termasuk dalam pendaftaran patennya yang tertinggi ataupun terendah. Sehingga tidak dapat diketahui Negara mana saja yang berpotensi paling banyak mendaftarkan paten untuk ke depannya. Data yang digunakan untuk dikelompokkan menggunakan metode K-Means Cluster Analysis adalah database KI dengan parameternya yaitu jenis Paten, yaitu paten dan paten sederhana yang ada dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018.  Tahapan dalam menggunakan metode tersebut dimulai dari penentuan titik pusat awal, perhitungan jarak antar cluster dan menentukan besarnya rasio. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh hasil India dan Singapore adalah Negara tertinggi selama tiga tahun terakhir dalam pendaftaran paten di Indonesia. Kemudian ada China, Malaysia, dan Thailand adalah Negara dengan intensitas sedang dalam pendaftaran paten di Indonesia selama tiga tahun terakhir, dan yang terakhir terdapat 18 negara yang masuk dalam kategori terendah dalam pendaftaran paten di Indonesia dalam tiga tahun terakhir.
SISTEM PAKAR PEDIA UNTUK PERTANIAN INDONESIA BERBASIS ANDROID DENGAN MENERAPKAN METODE NAÏVE BAYES Jaroji Jaroji; Aditya Hasudungan Sianturi; Masinta Masinta; Mirga Krisma Nilamsari
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (966.432 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.539

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris, petani adalah salah satu profesi yang banyak ditekuni oleh masayarakat Indonesia menurut data dari Badan Pusat Statistik mencatat 31,74 persen angkatan kerja di Indonesia atau 38,29 juta bekerja di sektor pertanian. Kebanyakan petani tidak memiliki pengetahuan mengenai penyakit yang diderita oleh tanaman yang dibudidayakannya sehingga menyebabkan tanaman rusak, busuk atau mati dan menyebabkan petani mengalami gagal panen. Peran sistem pakar untuk membantu petani mengetahui penyakit pada tanaman sangat diperlukan. Sistem pakar pedia adalah suatu platform aplikasi dimana pakar dapat memasang ilmu kepakaran kedalam suatu sistem pakar melalui website. Sistem pakar pedia disisi website dibangun menggunakan framework Code Igniter dan teknologi REST API. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pengembangan sistem adalah HTML, CSS, PHP dan dengan menggunakan editor berupa Sublime Text. Sedangkan disisi android pengembangan menggunakan Bahasa pemrogram Kotlin dan IDE seperti, Android Studio. Untuk pembuatan database Sistem Pakar Pedia menggunakan database MySQL. Algoritma analisis data rule sistem pakar menggunakan metode naïve bayes. Hasilnya berupa aplikasi sistem pakar pedia berbasis Android yang dapat menampilkan banyak sistem pakar dan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk memasang dan menghapus sistem pakar. Aplikasi sistem pakar ini bermanfaat bagi petani untuk mengetahui penyakit pada tanaman dan mengetahui solusinya.
APPLICATION EMERGENCY PANIC BUTTON (AEPB) BERBASIS ANDROID (Studi Kasus RS St. Carolus Boromeus-Bello) Marleni Anike; Marleni Anike
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (913.325 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.499

Abstract

Salah satu sistem operasi yang terdapat pada handphone adalah Android.  Android merupakan sistem operasi mobile yang tumbuh di tengah Sistem Operasi lainnya seperti Windows Mobile, I-Phone dan Symbian. Android adalah sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai perangkat mobile. Pada android, pengguna dapat menggunakan berbagai macam aplikasi yang dapat mempermudah penggunanya dalam kegiatan sehari-hari, dan salah satunya pada saat pengguna sedang mengalami sebuah kejadian atau musibah yang bersifat emergency. Penelitian ini, menggunakan metode pengembangan sistem konvensional klasik yakni waterfall karena bersifat sistematis dan berurutan dalam proses. Data-data yang dibutuhkan dalam penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi secara langsung di tempat penelitian. Untuk perancangan sistem digunakan Object Oriented Programming (OOP) yaitu membuat perancangan dengan mengetahui terlebih dahulu objeknya, kemudian field dan fungsinya. Tingkat kecepatan dalam melakukan reload pada website server membutuhkan waktu 2 detik, dimana setiap 2 detik apabila laporan baru masuk, admin tidak perlu lagi melakukan aksi load website secara manual.
MODEL ANALISIS IMPLIKASI SISTEM PEMERATAAN PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI Marfuah Marfuah; Steffi Adam
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (589.999 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.544

Abstract

Tugas dan tanggung jawab pemerintah Indonesia diantaranya, pemerataan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan pemberdayaan UMKM diantaranya  sosialisasi, pelatihan, penyuluhan dan pembinaan. Fenomena yang terjadi selama ini dalam pelaksanaan satu kegiatan, beberapa UMKM pernah mengikuti kegiatan dengan tema yang sama. Namun, ada pula UMKM yang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut. Sehingga, terjadi overlaping kegiatan dan peserta. Penyebabnya karena tidak adanya informasi yang jelas dan akurat mengenai kegiatan apa saja yang pernah diikuti oleh seluruh UMKM khususnya di Kota Batam. Permasalahan ini menimbulkan dampak tidak meratanya pemberdayaan UMKM yang dilakukan. Teknologi Informasi (TI) sebagai perantara antara UMKM dan Pemerintah serta pihak lain yang berkepentingan. Model analisis implikasi sistem memperlihatkan peran dan menjawab bagaimana TI mempengaruhi subsistem secara menyeluruh. Penelitian ini menghasilkan identifikasi terhadap suatu permasalahan yang lebih mendalam, dibangun dalam model tradisional dan analisis GAP, acuan untuk menghasilkan model usulan sistem baru yang lebih baik. Hal ini diduga karena pertama, model yang dihasilkan sebagai titik awal untuk melihat secara menyeluruh perubahan yang terjadi terhadap usulan sistem baru dalam pemanfaatan TI tehadap implikasi sub sistem tradisonal dan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan yang terjadi. Kedua, model usulan sistem baru menggambarkan adanya komunikasi penghubung antara UMKM dan narasumber untuk mengatasi GAP yang terjadi.
PERANCANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEB DENGAN LIBRARY JQUERY RESPONSIVE DATATABLES Ramos Somya; Setiawan Chandra Utama
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1362.031 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.460

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di PT Pura Barutama Divisi Indostamping adalah proses penanganan keluhan yang berjalan belum optimal sehingga sering mengakibatkan penanganan keluhan terlambat. Dampaknya adalah tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan menurun. Selain itu laporan kinerja sales belum terpantau dengan baik. Customer Relationship Management (CRM) adalah bagian strategi bisnis yang ditujukan untuk menjaga loyalitas serta kepuasan pelanggan. Kemajuan teknologi mendorong perusahaan melakukan terobosan salah satunya memadukan strategi bisnis CRM dengan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan dibangunnya CRM yang dipadukan dengan teknologi informasi, sehingga diharapkan dapat membantu pemantauan proses perbaikan produk yang dikeluhkan pelanggan, sekaligus memantau kinerja sales dengan lebih mudah. Sistem Informasi CRM Indostamping ini dibangun berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter, Oracle 11g dan MySQL untuk basis data dan support tools JQuery Responsive DataTables dan PHPMailer. Hasil dari penelitian ini adalah berupa Sistem Informasi CRM yang terbukti dapat membantu dalam meningkatkan pemantauan terhadap proses penanganan keluhan serta pemantauan laporan kinerja sales.
RANCANGAN SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS MENGGUNAKAN METODE UML (UNIFIED MODELING LANGUAGE) Agus Tedyyana; Fajar Ratnawati; Rezki Kurniati
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.608 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.535

Abstract

Kegiatan penelitian dan pengabdian di Politeknik Negeri Bengkalis dikelola oleh suatu lembaga yang disebut Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M). Sebagai pusat Penelitian dan Pengabdian, P3M saat ini dalam melakukan proses pengumpulan berkas dan monitoring penelitian dan pengabdian masih dilakukan secara manual yaitu dengan cara datang langsung ke kantor P3M untuk mengantarkan dan melengkapi berkas yang diperlukan dalam melakukan penelitian dan pengabdian. Dikarenakan kurangnya teknologi dalam melakukan proses ini, dibuatlah rancangan sistem informasi penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis web yang nantinya dapat dikembangkan menjadi sebuah aplikasi lanjutan. Rancangan ini memberikan gambaran tentang  sistem pengelolaan penelitian dan pengabdian, memberikan model yang dapat dimapping ke bahasa pemrograman serta menunjukkan dokumentasi dari arsitektur dan detail sistem
ALGORITMA KLASIFIKASI C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTIMIZATION UNTUK PREDIKSI PENERIMA BANTUAN PANGAN NON TUNAI Erni Ermawati
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1201.517 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v8i3.576

Abstract

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan peralihan dari program RASTRA atau RASKIN. BPNT adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warong. Bahan pangan dalam program BPNT ini adalah beras dan atau telur. Salah satu kesulitan yang terkadang dihadapi oleh pemerintah dalam penyaluran BPNT adalah proses pembagian bantuan sosial yang tidak merata dan tidak tepat sasaran. Munculnya masalah tersebut diakibatkan kurangnya pertimbangan atau kemantapan analisis penerima manfaat BPNT dalam menentukan kelayakan pada saat mengajukan pendataan. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis lanjutan sehingga dapat mengetahui kelayakan dari suatu permasalahan prediksi penerima manfaat BPNT. Melalui hasil analisis pendataannya, dapat diketahui apakah warga layak atau tidak untuk menerima BPNT. Dari permasalahan yang ada digunakan metode klasifikasi untuk memprediksi kelayakan penerima manfaat BPNT  yaitu dengan menggunakan dua model, model algoritma klasifikasi C4.5 dan model algoritma klasifikasi C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization (PSO) tanpa pruning. Karena proses pengujian yang dilakukan tanpa pruning menghasilkan akurasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan pruning. Setelah dilakukan pengujian dengan dua model tersebut didapatkan hasil yaitu algoritma klasifikasi C4.5 menghasilkan nilai akurasi sebesar 98,56% dan nilai AUC sebesar 0,979 dengan tingkat diagnosa Excellent Classification, namun setelah dilakukan optimasi dengan algoritma klasifikasi C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization nilai akurasi sebesar 98,92% dan nilai AUC sebesar 0,988 dengan tingkat diagnosa Excellent Classification. Sehingga kedua metode tersebut memiliki perbedaan tingkat akurasi sebesar 0,36%.

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 3 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 2 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 1 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 3 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 2 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 1 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 2 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 1 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 2 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 1 (2019): Sistemasi Vol 8, No 1 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 3 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2018): SISTEMASI Vol 7, No 1 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 3 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 2 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 1 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 3 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2016): sistemasi Vol 5, No 1 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 1 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 4 (2014): SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 3 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2013): Sistemasi:Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi More Issue